Tips Hunian Sempit Terlihat Lebih nyaman dan Luas

Diposkan oleh Heri Noto on Kamis, 22 November 2012

Luas ruang sekitar 30 meter persegi, di salah satu unit rumah susun sederhana milik (rusunami) yang terletak di Herbrus Tower Kalibata City itu terdapat empat ruang dan dibagi menjadi lima fungsi: sebuah ruang utama, dua buah kamar tidur, kamar mandi, serta fungsi dapur menyatu dengan ruang utamanya.


Unit rusunami itu milik Lala Saleh (31). Baru sekitar empat bulan, perempuan asli Palembang tersebut membeli unit yang sekarang ditempatinya itu. Alasannya membeli unit rusunami di Kalibata City karena posisinya strategis. "Lokasinya tidak jauh kemana - mana," ungkapnya. Baru dua tahun mantan karyawan salah satu bank swasta itu menetap di Jakarta.


Unit hunian sempit bagi Lala bukan masalah serius. Semua bisa diakali. Banyak hal bisa dilakukan agar itu terlihat nyaman dan luas. Slah satunya dengan mempercayakan penataan interior dan furniture kepada pihak yang menyediakan jasa dekorasi dan make over hunian. Lala memakai jasa Cozy Interior untuk mendekorasi unitnya tersebut.


Mendesain hunian mini agar terasa luas dan nyaman ditinggali merupakan hal terpenting yang diinginkan Lala Saleh. Setiap detail dari unitnya diusahakan rapi dan tertata sebaik mungkin. "Intinya bisa nyaman aja sih bagi saya," ungkapnya.

Karena ingin suasana nyaman itulah, meski menggunakan jasa desainer interior, Lala tetap menentukan sendiri jiwa dari huniannya itu. Khusus untuk living room, Lala sengaja menerapkan warna putih dengan kombinasi abu - abu dan hitam. "Menurut saya warna - warna itu pas aja padanannya. Kebetulan saya juga suka warna - warna yang soft," jelasnya.

Untuk kamar tidur utama, Lala memilih warna cokelat agar sesuai dengan karakter d3w4s4. Sebagai orang tua yang telah memiliki dua orang anak, ia lebih senang warna yang tidak terlalu mencolok, tetapi tidak terlalu datar juga seperti menerapkan warna putih pada semua bagian. "Jadi biar ada sedikit variasi dari cokelat ke krem," tegasnya.

Untuk kamar tidur anak, Lala lebih sedikit bermain warna dengan kombinasi hijau dan biru. Alasannya untuk menampilkan kesan ceria dan sesuai dengan karakter anak. Wallpaper yang menghiasi ruangan tidur anak dipercantik dengan gambar - gambar fauna seperti burung, kuda, bebek, kelinci dan rusa. Warna wallpaper ruangan itu dipilih yang netral, tidak mencirikan laki - laki atau perempuan. "Tapi tetap memperhatikan kesan cheer-nya," tambahnya.

Hal yang paling penting bagi Lala ialah kebutuhan furniture huniannya lengkap, enak dilihat, serta pemilihan warna yang cocok. Kamar utama dilengkapi televisi LCD, sofa, dispenser. Pada sisi bagian dapur, ia mengkombinasikan dapur dengan minibar. Tiga buah kursi bar membuat ruangan minimalis menjadi elegan.

Untuk mendekorasi serta melakukan make over huniannya itu, Lala merogoh kocek sekitar Rp 30 juta. Harga itu sudah termasuk standar dan sesuai dengan yang ia dapatkan. "Sebenarnya niat saya buat investasi, untuk saya sewakan. Berarti saya kan tidak harus mengeluarkan bujet yang terlalu banyak," pungkasnya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar